Selamat Datang di Website Resmi STKIP Muhammadiyah Pringsewu Propinsi Lampung | Jalan Makam KH. Ghalib No. 112 Pringsewu kode Pos 35373 Telp. (0729) 21359 Fax. (0729) 24002
AKADEMIK STKIP

RANDOM BERITA

STATISTIK PENGUNJUNG

LINK TERKAIT
 

Info Utama

(Penerimaan Mahasiswa Baru Reguler/Non Reguler 2017/2018) 




INFORMASI TERBARU

[ 14-02-2011 02:45:22 ], Posted admin | Read 3779 x

mtk

Sehubungan telah selesainya pembekalan PPL Prodi Pendidikan Matematika yang dilaksanakan tanggal 10-12 Februari 2011, maka dengan ini kami umumkan hasil nilai pembekalan.Untuk melihat lebih lengkap, silakan download di sini : Nilai Pembekalan PPL 2011 ( MTK ) 



[ 20-12-2010 01:59:48 ], Posted admin | Read 4638 x

kkl2     kkl1 

Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan menjelang akhir semester di STKIP-MPL, juga merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan akademik selanjutnya seperti Penyusunan TA, Yudisium dan Wisuda.

Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada para mahasiswa saat berada di lapangan sebenarnya, dalam mempraktikkan ilmu yang didapat selama berada di kampus STKIP-MPL, sehingga para mahasiswa tidak akan merasa kaget bila setelah lulus nanti berada di lapangan sesungguhnya.

KKL 2010 dilaksanakan mulai tanggal 17 Desember 2010 s.d selesai. Tahap pemberangkatan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pada hari Jumat-Sabtu-Minggu.

Sebelum berangkat, para peserta KKL 2010 mendapat pengarahan dari Ketua STKIP-MPL didampingi para Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL ) masing-masing prodi.

 



[ 30-11-2010 02:10:45 ], Posted admin | Read 4011 x
Oleh Ir. Hi. Mudzakir Noor (Sekretaris Pengurus Wilayah Muhammadiyah Lampung)
Muktamar Muhammadiyah Ke-46 di Jogjakarta merupakan muktamar spektakuler dan monumental, karena sekaligus dalam rangka mensyukuri genap satu abad usia persyarikatan Muhammadiyah. Kemudian pascamuktamar yang telah berjalan baik, lancar, dan sukses tersebut, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah menginstruksikan agar setiap pimpinan wilayah Muhammadiyah agar segera melaksanakan muswil atau musyawarah wilayah paling lambat pada Desember 2010.
SEBAGAIMANA instruksi PP Muhammadiyah, PW Muhammadiyah Lampung segera melaksanakan perhelatan Muswil Ke-24. Waktunya tinggal menghitung hari yang Insya Allah dilaksanakan 26-28 November 2010 di kompleks Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu.
Sesuai AD ART persyarikatan Muhammadiyah, muswil adalah permusyawaratan tertinggi tingkat wilayah/provinsi yang dilaksanakan satu kali dalam lima tahun atau satu kali periode kepengurusan pimpinan wilayah. Dalam hal ini periode 2005-2010 dan atas tanggung jawab pimpinan wilayah.
Muswil Muhammadiyah November 2010 merupakan Muswil ke-24 dengan mengangkat tema, Aktualisasi Dakwah dan Tajdid Menuju Masyarakat Berkemajuan dan Berperadaban .
Tema tersebut mengandung arti bahwa gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah dimaksudkan mewujudkan masyarakat Islam yang berkemajuan dan berperadaban yang merupakan masyarakat, umat terbaik atau umat pilihan (Khoiro Ummah), sebagai manifestasi objektif dari kehidupan masyarakat islam yang sebenar-benarnya.


[ 25-10-2010 10:05:50 ], Posted Eko Suncaka | Read 6292 x
Yudisium dan Syaratnya

Kalau sudah siding TA, 144 SKS sudah lulus semua, yang harus dilakukan adalah mengurus persyaratan untuk Yudisium.
Apa itu Yudisium ?


1. Yudisium adalah terminal akhir penentuan keberhasilan seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Lulus ujian adalah salah satu komponen pertimbangan dalam yudisium.


2. Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dalam ujian tugas akhir tidak serta merta dapat dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar sarjana. Mahasiswa yang telah lulus tugas akhir dan sejumlah mata kuliah lainnya dapat saja dinyatakan tidak lulus dalam yudisium jika :
a. Dalam proses pemeriksaan terakhir terhadap segala aspek akademisnya ditemukan kekurangan atau cacat yang sangat fatal; contoh : ditemukan satu atau beberapa mata kuliah yang ternyata belum lulus atau bahkan belum diprogram.
b. Dalam proses pemeriksaan terakhir terhadap segala aspek administratifnya ditemukan pelanggaran atau penyimpangan berat; contoh : ditemukan bukti nyata ada sejumlah kewajiban administratif yang sengaja tidak dipenuhi dengan mengelabui petugas.
c. Tidak merevisi tugas akhir yang nyata-nyata dipersyaratkan oleh tim penguji sebagai salah satu syarat kelulusan ujian tugas akhirnya.

3. Hanya melalui pernyataan kelulusan dalam yudisium seseorang dapat mengklaim dirinya benar-benar telah lulus dari sebuah program studi/jurusan.
Setelah memahami makna Yudisium, kita lanjut ke mengurus syaratnya. Di kampus biru STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung ini, ada ketentuan yang harus dilakukan untuk maju Yudisium.


1. Setelah sidang, selesaikan revisinya, revisi disetujui kalau form revisi ( yang diberikan pada saat kita habis sidang ) dan ditandatangani olej dosen penguji.


2. Menghadap ke dosen pembimbing, memberi tahu kalau sudah selesai merevisi, tanya apa bias langsung cetak buku. Kalau belum boleh, biasanya suruh menambahkan sesuatu di buku atau program, baru boleh. Kalau sudah boleh, bisa cetak buku, yang wajib cetak 2 ( 1 untuk jurusan, 1 untuk perpus pusat ), kalau ditambah untuk dosen pembimbing dan untuk koleksi pribadi ( hasil perjuangan selama ini ) tinggal ditambah saja cetaknya.


3. Buku yang sudah dicetak dan dijilid, bisa dijilid di Widagdo, lebih murah dibanding jiid di luar. Biasanya 2-3 hari selesainya. Sembari menunggu buku selesai dijilid, kita bisa minta form Yudisium ke BAAK, dan mengurus surat-surat keterangan bebas yang bisa diurus.


4. Setelah buku selesai dijilid, minta tanda tangan pada dosen pembimbing, terus minta cap di BAU. Ke Perpus pusat, ke ruang pengadaan di lt.1, serahkan buku softcover dan CD ( isinya buku.pdf ). Kemudian akan diberi form yang harus ditandatangani. Jangan lupa bawa KTM pada saat minta ttd. Dari perpus kemudian dapat surat keterangan bebas pustaka.


5. Form Yudisium yang sudah diisi lengkap, foto 3x4 hitam-putih 3 lbr ( berjas hitam, berdasi ( bagi yang tidak berjilbab ), kemeja/jilbab putih ), ditambah surat-surat keterangan bebas yang sudah diurus, slip pembayaran SPP terakhir, plus STTB SMA, diserahkan ke BAAK ( Pak Susanto, S.Pd. )


Kalau sudah dijalankan, selesailah persyaratan Yudisium yang harus disiapkan mahasiswa, bisa tenang menunggu pengumuman Yudisium tanggal 29 Oktober 2010, selanjutnya tunggu wisuda.



[ 12-10-2010 12:57:48 ], Posted admin | Read 2765 x

Apakah perguruan tinggi negeri (PTN) selalu lebih baik dari perguruan tinggi swasa (PTS)? jawabannya adalah tidak selalu. Ada PTS yang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan PTN. Anggapan bahwa PTN selalu lebih baik dari PTS adalah mitos belaka yang selama ini telah dipercaya oleh banyak orang. Anggapan ini muncul karena perguruan tinggi negeri umumnya memiliki sumber daya yang lebih baik, misalnya jumlah dosen yang bergelar doktor lebih banyak. Hal ini disebabkan karena pada masa yang lalu pemerintah lebih memusatkan bantuannya kepada perguruan tinggi negeri.
Masyarakat juga sering beranbggapan bahwa PTS dengan biaya pendidikan yang lebih tinggi adalah perguruan tinggi yang bermutu. Padahal ini bukanlah satu-satunya patokan. Masyarakat perlu memperhatikan hal lain yang dapat membantuk menilai mutu suatu perguruan tinggi diantaranya adalah status akreditasi, fasilitas pendidikan yang tersedia, serta kualitas dan kuantitas dosen yang dimilikinya.


[ 23-09-2010 06:19:38 ], Posted admin | Read 2927 x

1. Bahasa Indonesia        : Download        3. Bimbingan Konseling : Download

2. Bahasa Inggris             : Download       4 . Matematika : Download



[ 30-08-2010 12:48:25 ], Posted admin | Read 4593 x

Berikut adalah beberapa koleksi foto pada saat acara Wisuda STKIP Muhammadiyah Pringsewu tahun 2010 :

wisuda1 wisuda2

wisuda3 wisuda4

Untuk melihat koleksi foto yang lebih lengkap, silakan kunjungi Gallery Foto 3



[ 30-08-2010 11:40:34 ], Posted admin | Read 2840 x

Proses akreditasi program studi dimulai dengan pelaksanaan evaluasi diri di program studi yang bersangkutan. Evaluasi diri tersebut mengacu pada pedoman evaluasi diri yang telah diterbitkan BAN-PT, namun, jika dianggap perlu, pihak pengelola program studi dapat menambahkan unsur-unsur yang akan dievaluasi sesuai dengan kepentingan program studi maupun institusi perguruan inggi yang bersangkutan. Dari hasil pelaksanaan evaluasi diri tersebut, dibuat sebuah rangkuman eksekutif (executive summary), yang selanjutnya rangkuman eksekutif tersebut dilampirkan dalam surat permohonan untuk diakreditasi yang dikirimkan ke sekertariat BAN-PT.

Sekretariat BAN-PT akan mengkaji ringkasan eksekutif dari program sudi tersbut, dan jika telah memenuhi semua kompoen yang diminta dalam pedoman evaluasi diri sekertariat BAN-PT akan mengirimkan instrumen akreditasi yang sesuai dengan tingkat program studi setelah instrumen akreditasi diisi, program studi mengirimkan seluruh berkas (intrumen akreditasi yang telah diisi dan lampirannya, beserta copy-nya) ke sekretariat BAN-PT. Jumlah copy yang harus disertakan untuk program studi tingkat Diploma dan Sarjana sebanyak 3 copy, sedangkan untuk program studi tingkat Magister dan Doktor sebanyak 4 copy. Penilaian dilakukan setelah seluruh berkas diterima secara lengkap oleh sekertariat BAN-PT.

Proses akreditasi program studi dapat diilustrasikan seperti gambar dibawah ini.

akreditasi

 

Untuk keterangan lebih lanjut bisa mengunjungi website BAN PT  



Jalan Pintas

Halaman : <-Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Next->



Jejaring Sosial
facebook twitter

KALENDER

WAKTU SHOLAT

AL-QUR'AN DIGITAL


Iklan Banner

STKIP MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
Main Site : http://stkipmpringsewu-lpg.ac.id | E-Mail : contact@stkipmpringsewu-lpg.ac.id
Coding & Design by FR-SYSTEM.WEB.ID