Selamat Datang di Website Resmi STKIP Muhammadiyah Pringsewu Propinsi Lampung | Jalan Makam KH. Ghalib No. 112 Pringsewu kode Pos 35373 Telp. (0729) 21359 Fax. (0729) 24002
AKADEMIK STKIP

RANDOM BERITA

STATISTIK PENGUNJUNG

LINK TERKAIT
 

Info Utama

(Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018-2019) 




INFORMASI TERBARU

[ 16-11-2018 02:41:34 ], Posted administrator | Read 28 x
 
Sebanyak 239 mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung, diwisuda di halaman kampus setempat, Rabu (19/9/2018).

Acara wisuda yang dihadiri Kepala lembaga pelayanan Dikti Wilayah II Sumbagsel, yang diwakili oleh Rustina, Ketua PWM Lampung Prof. Marzuki Noor, dan Wakil Ketua DPRD Pringsewu Styono.

Ketua Wilayah Muhammadiyah Lampung Prof. Marzuki Noor, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. Menurutnya dengan dilaksanakannya wisuda yang ke-30, dan Milad STKIP ke-39, bisa dikatakan sudah dewasa.

"Membangun STKIP Pringsewu sangat unik, sebab perguruan tinggi ini di bangun dengan menginduk bersama STKIP Metro, dan akhirnya mengelola sendiri," ujarnya.

Muhammadiyah, kata Marzuki Noor, saat ini telah memiliki 250 sekolah, namun tenaga pendidiknya tidak semua dari kader Muhammadiyah.

Sementara Ketua STKIP Muhammadiyah A Rahman menyatakan, para wisudawan dan wisudawati harus bisa menjunjung tinggi keilmuan yang didapat selama kuliah dan menjaga nama baik almamater.

"Kesuksesan yang di raih di harapkan bisa bermanfaat di masyarakat", ungkapnya.

Kepala Lembaga Pelayanan Dikti Wilayah II Sumbagsel, di wakili oleh Rustina, S.E., M.Si., mengingatkan tentang pentingnya peraturan perguruan tinggi untuk menjamin mutu dan akreditasi.

"Alhamdulillah STKIP saat ini telah terakreditasi B, dan mudah-mudahan kedepan bisa mencapai akreditaasi A," harapnya.

 


[ 16-11-2018 02:40:10 ], Posted administrator | Read 32 x
 
Mahasiswi Program Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Pringsewu, Maya Mutiara Putri menjadi salah satu delegasi ISCEF (Indonesian Students Cultural and Education Foundation) yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Program ini adalah Program Pertukaran Budaya yang kelima yang sudah diadakan ISCEF dan kedua kalinya diadakan di Malaysia. Diikuti oleh 11 mahasiswa dari beberapa universitas yang ada di Indonesia dan juga 2 pelajar SMA. Bekerjasama dengan ASWARA (Akademi Seni Warisan dan Budaya) para delegasi ISCEF menampilkan delapan tarian daerah, menyanyikan tiga lagu kebangsaan dan tiga lagu daerah serta satu pertunjukan alat musik tradisonal Indonesia yang juga diselingi oleh pertunjukan tarian-tarian dan musik tradisonal Malaysia. Salah satu lagu daerah yang dibawakan adalah "Tanoh Lada" lagu tradisional dari Lampung yang dinyanyikan oleh mahasiswi STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung di "Panggung Eksperimen" ASWARA. Acara ini diakhiri dengan menyanyi dan menari bersama-sama diatas panggung sebagai salah satu bentuk kebudayaan Malaysia dalam closing ceremony.

Selanjutnya para delegasi ISCEF diundang ke Istana Budaya Kementrian Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Malaysia untuk menghadiri workshop kebudayaan. Disana para delegasi belajar tarian-tarian Malaysia seperti Tari Zapin dan Tari Inang bersama para penari Istana Budaya dan juga mengajarkan beberapa gerakan tarian Mojang Priangan, tari daerah Jawa Barat. Para delegasi juga mendapatkan tantangan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada wisatawan asing baik tarian ,permainan dan lagu-lagu tradisional di public area.

Kegiatan ini berlangsung sejak hari selasa, 2 Oktober 2018 dan berakhir pada sabtu ,5 oktober 2018.

 


[ 16-11-2018 02:36:43 ], Posted administrator | Read 24 x
 
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) STKIP Muhammadiah Pringsewu Lampung telah melaksanakan monev internal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pendanaan tahun 2018.

Monev tersebut dilakukan oleh dua Reviewer Nasional Kemenristek Dikti yaitu Prof. Dr. H. Juhri AM, M.Pd. dan Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd. Terdapat 10 judul penelitian yang dimonev oleh tim reviewer terdiri dari 1 judul penelitian yang memperoleh hibah doktor dan 9 judul penelitian yang memperoleh hibah penelitian dosen pemula.

Monev dilaksanakan pada hari Rabu (10/10) di dua ruangan yang berbeda yaitu ruang micro teaching dan ruang sidang STKIP Muhammadiyah Pringsewu.

Tujuan diadakannya monev internal adalah untuk melihat kemajuan laporan penelitian dari masing-masing judul penelitian. Monev juga bertujuan untuk melihat kualitas hasil penelitian melalui capaian luaran yang sudah dihasilkan oleh masing-masing judul penelitian. Dari 10 judul penelitian seluruhnya menghasilkan luaran berupa artikel yang diterbitkan pada jurnal nasional, makalah yang diseminarkan dalam seminar nasional maupun internasional, bahan ajar, serta dalam bentuk desain pembelajaran.

Monev dilaksanakan melalui presentasi hasil penelitian dan wawancara untuk menggali ketercapaian luaran yang dihasilkan oleh peneliti. Melalui monev tersebut, peneliti termotivasi untuk meningkatkan kualitas hasil penelitiannya serta termotivasi untuk mengikuti kompetisi penelitian pada skim yang lain.

Penerima hibah Doktor dan PDP Pendanaan Tahun 2018 dari STKIP MPL tersebut yaitu:
1. Rahman Cahyadi, S. Pd., M.Si dan Rahma Faelasofi., S. Si., M.Sc
2. Yunni Arnidha , M.Pd dan Hidayatulloh, M.Pd
3. Siti Rahayu, M.Pd dan Ana Istiani, M.Si
4. Binti Anisaul Khasanah M.Pd dan Abi Fadila M.Pd
5. Nurmitasari, M.Pd dan Robia Astuti M.Pd
6. Sulaiman M. Pd, Siti Khoiriyah M. Pd dan Nihayati Yabasa, M. Pd. I
7. Otto Fatahillah SH, M. Pd, Ari Rohmawati M. Pd dan Mulat Sudrajat M. Pd
8. Elvira Rosyida, M.Pd dan Seftika M. Pd
9. Izhar M. Pd dan Sholihin M. Pd
10. Dan satu hibah doktor Iin Inawati, M.Pd.

 


[ 16-11-2018 02:34:49 ], Posted administrator | Read 35 x
 
Pada tahun 2018 STKIP Muhammadiyah Pringsewu menjadi salah satu pemenang dalam hibah Program PenugasanDosen di sekolah dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, kegiatan ini sebagai bentuk upaya memperbaiki proses pembelajaran yang sudah dilakukan.

Ketua tim program Penugasan Dosen Sekolah Nurfaizal M.Pd mendampingi Ketua STKIP Muhammadiyah Pringsewu Drs. H. A Rahman, M.M.,M.Pd yang di temu di kampus setempat baru baru ini mengatakan bentuk kolaborasi antara Dosen dan Guru disekolah merupakan penekanan dari program ini.
PDS yang beranggotakan,Rahma Faelosafi, M.Sc, Ana Istiani, M.Si dilakukan di Lima sekolah mitra yaitu SMA Muhammadiyah Pringsewu. SMK Muhammadiyah Pringsewu, SMK Muhammadiyah Ambarawa, SMP Muhammadiyah Pringsewu, SMP Muhammadiyah Gading Rejo." Program PDS sudaj dimulai sejak bulan Juni - Oktober 2018," jelas Faizal.

Pogram PDS memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai upaya pengaliran informasi terkini dari LPTK ke sekolah mitra dan upaya pembinaan kualitas pembelajaran. Peningkatan profesionalisme guru dalam pembelajaran dapat diidentifikasi dari kemampuannya melengkapi pembelajaran dengan metode sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Pengembangan metode/model/strategi pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan mengingat kemampuan guru untuk mendesain metode/model/strategi pembelajaran masih perlu ada pembinaan.

Adapun tujuan program penugasan dosen di sekolah yaitu memperoleh penghayatan tentang suasana kependidikan di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas/kejuruan muhammadiyah di wilayah kecamatan Pringsewu, Gadingrejo, dan Ambarawa. Kenudian memiliki pengalaman langsung sebagai tutor dan pendidik di sekolah mitra, memberikan inovasi kepada sekolah laboratorium dan/atau sekolah mitra. Selanjutnya membenahi manajemen mutu di sekolah laboratorium dan/atau sekolah mitra.

"Program PDS yang dilaksanakan diharapkan mampu mendukung mewujudkan pendidikan bermutu di sekolah mitra," papanya. Program ini merupakan salah satu bentuk program yang mendukung tujuan dari revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berbasis sekolah. Dimana pada hakekatnya lanjut Faizal program ini dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari tugas dosen yang termaktub dalam pengabdian kepada masyaraka. Lebih jauh di katakan Faizal program ini bermanfaat mengalirkan perkembangan IPTEKS pembelajaran yang dikembangkan di LPTK kepada sekolah di tempat PDS berlangsung.

 


[ 26-09-2018 08:14:35 ], Posted ADMIN | Read 177 x


[ 26-09-2018 08:13:34 ], Posted ADMIN | Read 270 x


[ 20-09-2018 02:45:35 ], Posted admin | Read 187 x
 
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Pringsewu Lampung (STKIP MPL) mewisuda 239 lulusan sarjana tahun akademik 2017/2018. Acara tersebut disambut antusias oleh calon wisudawan dan orangtua pendamping. Meskipun rangkaian acara dimulai pukul 08.00 WIB, halaman kampus sudah dipadati sejak pukul 06.30 WIB.

Peserta wisuda tahun ini berjumlah 239 orang yang berasal dari 4 program studi, yakni Bimbingan dan Konseling 65, Pendidikan Matematika 62, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 66, dan Pendidikan Bahasa Inggris 46 orang. Secara runtut, masing-masing program studi tersebut memiliki lulusan dengan IPK terbaik, Lidya Mariyana (3,91), Ogi Ponandi (3,90), Ana Wahyu Kusniati (3,95), dan Rumiyati (3,86).

Tri Yuni Hendrowati mengatakan lulusan tahun ini sangat membanggakan. Sebab, banyak calon wisudawan yang lulus tepat waktu, yakni 8 semester dan memperoleh IPK di atas 3,00.

"Ini menjadi salah satu bukti komitmen dari perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya lulusan agar mampu berkompetitif pascalulus dari STKIP MPL. Bukan hanya itu, komitmen STKIP berkontribusi untuk dunia pendidikan di Pringsewu dapat dilihat dengan adanya penambahan 2 program studi, yakni PGSD dan Pendidikan Tari. Bahkan, kini STKIP sedang berupaya mewujudkan perguran tinggi itu menjadi Universitas." Tambahnya. 
"Tinggal separuh perjalanan lagi, doakan tahun ini bisa kami rampungkan.", tandas Wakil Ketua I Bid. Pendidikan itu.

Dalam kesempatan itu, A. Rachman mengatakan bahwa STKIP MPL telah berupaya melaksanakan amanat bangsa, yakni menyelenggarakan pendidikan tinggi secara profesional. Sehingga dapat berperan serta dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju ke depannya. Hal tersebut ditandai dengan profil lulusan dari setiap program studi yang tidak hanya memiliki kompetensi sebagai seorang guru, mereka juga dapat membangun di bidang lain dengan memilih bekerja dan berwirausaha sesuai dengan keilmuannya. 

"Kami berharap, lulusan nantinya dapat bermanfaat dan memiliki peluang luas dalam menyambut kehidupan yang lebih cerah" ungkap Ketua STKIP MPL itu.
Ia juga mengatakan, keberhasilan STKIP MPL dalam menghasilkan lulusan berkualitas tidak lepas dari peran serta dan dukungan semua pihak.
"Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan staf administrasi STKIP MPL atas dedikasinya memberikan pelayanan terbaik kepada semua mahasiswa. Begitu juga kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan juga stakeholder atas peran serta dalam mendukung kebijakan kampus demi mewujudkan lulusan berkualitas." Lanjutnya.

Momen wisuda kali ini memiliki kesan tersendiri bagi STKIP MPL. Sebab, prosesi wisuda ke-30 tahun ini bersamaan dengan Milad Muhammadiyah ke-39. Selain orangtua pendamping, acara tersebut mengundang tamu kehormatan, yakni Koordinator Lembaga Layanan Dikti, Bupati pringsewu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, PDM Beberapa Kabupaten, Pimpinan Perguruan Tinggi di Lampung, dan Stakeholder. Rangkaian acara dimulai pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan penampilan tari sembah daerah Lampung di bawah asuhan sanggar seni STKIP MPL.

 


[ 17-09-2018 02:30:16 ], Posted admin | Read 143 x
 
STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung (STKIP MPL) gelar acara prawisuda, Senin (17/9). Kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali lulusan agar lebih siap bersaing pascakampus di era digital dan revolusi industri saat ini. Acara yang bertajuk "menjadi guru inspiratif di era revolusi industri 4.0" menghadirkan trainer motivasi dari Bandung, mas Amri. Meski acara dimulai pukul 09.00 WIB, halaman kampus STKIP MPL sudah dipenuhi oleh peserta kegiatan yang tak sabar mendengar gambaran tantangan kehidupan dan peluang kerja pascalulus bangku perkuliahan.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua STKIP MPL menyampaikan bahwa saat ini untuk memasuki dunia kerja setiap orang harus berusaha keras mengembangkan diri agar menjadi pribadi yang unggul dalam berbagai hal, bukan hanya bidang akademik tetapi juga non-akademik. "Insyaallah, dengan bekal yang sudah diterima, walaupun lulusan utamanya siap untuk bekerja di dunia pendidikan, Saudara juga dapat memilih bekerja di dunia non-pendidikan, bahkan juga sudah bisa berwirausaha di tengah-tengah masyarakat dengan bidang ilmu yang dikuasai," ucapnya.

"Untuk itu, kapan pun dan di lingkungan mana pun, kita harus menjadi pribadi yang inspiratif. Bila menjadi guru, guru yang inspiratif, bila menjadi pegawai, pegawai yang inspiratif, dan bila menjadi usahawan, usahawan yang inspiratif. Dengan pribadi yang inspiratif, maka kita akan disenangi dan diterima baik di lingkungan tempat kita bekerja. Bahkan, kita bisa menjadi inspirator bagi masyarakat dalam menyongsong kehidupan yang lebih baik," tandas A. Rachman.

Sebelumnya, ditemui ruang kerjanya, Hardi santosa mengatakan bahwa training motivasi sangat penting. Lulusan diberikan kemampuan untuk melihat peluang kerja sebagai pendidik maupun non-pendidik. Lulusan harus tanggap dan siap menghadapi era revolusi industri 4.0 yang menuntut kaum milenial terpelajar untuk menjadi pembelajar yang cepat. "Pada era ini, yang cepat membaca peluang yang unggul," ujar ketua panitia wisuda STKIP MPL tahun 2018 ini.

Tidak berbeda dengan kegiatan prawisuda di tahun sebelumnya, selain peserta kegiatan memperoleh gambaran tantangan dan berbagai peluang kerja yang dapat diraih, di tahun ini peserta pun belajar untuk peka terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Hal itu ditandai dengan adanya kegiatan pemberian bantuan bagi masyarakat sekitar kampus. Sembako 5 kuintal beras dan kebutuhan pokok pendamping lainnya yang disalurkan langsung kepada kaum duafa di sekitar kampus.

Selain kegiatan sosial dan training motivasi, panitia penyelenggara prawisuda juga mengadakan kegiatan olah raga yang diikuti oleh semua sivitas akademik, keluarga besar Muhammadiyah Kabupaten Pringsewu, dan warga sekitar kampus. Harapannya agar dapat terbangun ikatan emosional dan kesinergisan di antara semua unsur dalam memajukan kampus khususnya dan Pringsewu umumnya.

 


Jalan Pintas

Halaman : <-Previous 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Next->



Jejaring Sosial
facebook twitter

KALENDER

WAKTU SHOLAT




STKIP MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
Main Site : http://stkipmpringsewu-lpg.ac.id | E-Mail : contact@stkipmpringsewu-lpg.ac.id
Coding & Design by FR-SYSTEM.WEB.ID