• icon(0729) 21359
  • iconcontact@stkipmpringsewu-lpg.ac.id
  • iconJl. Makam KH. Ghalib No. 112 Pringsewu

TUJUH BELAS KARYA TARI MAHASISWA STKIP MPL TAMPIL MEMUKAU

Blog Details

 
Suvina 08.00 wib tanggal 08 Desember 2018. Pertunjukan tujuh belas karya ini merupakan salah satu bukti produk dan syarat untuk menyelesaikan mata kuliah tari di kampus STKIP MPL jurusan PGSD dan Pendidikan Tari. Ujian pertunjukan ini berdampingan dengan Milad PGSD ke-2 dan sekaligus penobatan jabatan Ketua HIMA periode baru. Karya-karya tari yag ditampilkan tidak terlepas dari konsep budaya yang ada di Indonesia khususnya Pringsewu Lampung, pada dasarnya hal ini di tata untuk mempublikasikan dan melestarikan budaya secara luas. Tema besar yang menjadi panutan mahasiswa dalam menata tari yaitu Membangun Budaya Sebagai Citra Bangsa Yang Berbudaya Dalam Menyongsong Perubahan Setiap Zaman. Ibarat kata yang menjadi power Pringsewu Lampung Jejama Secancana slogan ini mengajak kita untuk bersama dan saling bertimpa tangan dalam menjalani segala hal, bak kata perkata yang terurai Lapah Kham, Lestakhiko Tari Lampung, Kik Mak Kham Sapa Lagi, Kik Mak Ganti Kapan Lagi" pemahaman ini menjadi cambuk sekaligus motivasi kuat mahasiswa dalam menciptakan sebuah karya baru sehingga budaya yang ada bersama-sama dijaga, dan dilestarikan kemudian di kemasan ulang dalam penampilan yang inovasi.

Sabtu 08/12, BERBICARA MELALUI GERAK, meluapkan ekspresi melalui karya tari yang di tata ulang, pengemasan ulang yang lebih menarik dan ber energy. Komposisi kelompok merupakan salah satu bentuk dari sebuah capaian mata kuliah Tari, seorang dosen yang bertanggung jawab dalam mata kuliah ini mencoba belajar banyak dan menggiring mahasiswa untuk lebih mengenal budaya sendiri sampai mengemas budaya tersebut hingga menjadi tampilan yang lebih menarik. Ibarat pepatah Minangkabau Alam Takambang Jadi Guru antusias mahasiswa yang gesit menggerakkan segalanya hingga terwujud, terkemas dan memukau penonton sebagai penikmat seni. Tamu kehormatan pak Wanawir sebagai pimpinan III di kampus STKIP MPL, buk Yunni sebagai KAPRODI PGSD dan seluruh tamu yang hadir dan bergambung untuk turun menyaksikan pertunjukan tujuh belas karya tari mahasiswa STKIP MPL.  
 
 
Proses pembelajaran diatas merupakan salah satu cara atau tips menanggulangi kejenuhan mahasiswa dengan porsi yang sedikit enjoy namun mampu mewujudkan produk yang patut di akui jempol. undang-undang nomor 20 tahun 2003 tetang system pendidikan nasional yaitu manusia yang terdidik beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi dan bertanggung jawab. Berdasarkan penjelasan ini, maka peran pendidikan nasional harus di fungsingkan secara optimal sebagai wahana utama dalam pembangunan bangsa dan karakter. Undang-undang resmi republik Indonesia tahun 1989 tetang system pendidikan nasional, yang dimaksud dalam pendidikan nasional adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Penjelasan tentang system pembelajaran ini merupakan salah satu bukti bahwa dibalik keberhasilan karya yang diciptakan ada banyak waktu yang disita khusus untuk proses latihan karya, bimbingan dan perbaikan gerak, pola lantai, level, ruang gerak, kenon, dan sebagaiannya. 
 
Nama-nama mahasiswa yang berperan sebagai penata tari antara lain; Riska Nur Hidayati, Galuh Andini, Desti Ria Atika, Surya Ardiansyah, Aniar Setyianingrum, Octa Wulan Sari, Helen Triwinantika Putri, Nurul Fikriah Maulida, Rita Ristiani, Nandang Prihatin, Putri Rohmatul Fadilah, Tiraxe Erviana, Esti Arizona, Kurnia Finda Aryanti, Neli Agustina, Bima Dwi Prasetio, Ranu Prayuda, Taufik Hidayat, Fajar Rahmadhan, Rifki Ari Saelendra, Senfia Putri Maharani, Febhy Dwi Adilah, M. Hafizh Firdaus, Pramesti Nurwahyuni, Fitri Rahmawati, Andini Saraswati, Nur Sita Amanah, Adelia Pradani, Novia Rozanti, Dewi Nurhayati, Nur Afifah Izatun Nisa R, Eli Ermawati, Nindia Febriyanti, Arum Cahayani Sekar Kinasih, Sri Pujiastuti, Mudtakim. Nama-nama penari Finda Kurnia, Alvin Andriani, Melvinia, Nadya, Winda, Mitha Yusiana Anggreani, Wulan Nisfu Laila, Faulana Nur Fauzi, Bella Afni Ganis, Riris Triandini, Dina Puspita Sari, Hera Wati, Dela Maratus Anggraini, Vinda Happy Nusantari, Aulia Gustiara, Tri Wulandari, Dela Matus Anggraini, Qhotrun Salsabilla, Ending Andriyani, Della Risma Lita, Yunda Anisa, Rina Lutiah, Yoga Pangestu, Dhani Ramadhan, Irma Novita Firdaus, Nurhadi Kahar, Putri, Sasqia Indah Pratiwi, Indah Dwi Kurniasari, Iis Apriliyani. 

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar